HI-Fest
Daftarkan diri Anda !!!
HI-Fest atau biasa disebut dengan HIMTI Festival merupakan rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Selanjutnya ...
Image Destruct
Deden Hi 2018-12-20

BlackBerry Hadirkan 4 Software Untuk Jaga Keamanan Data Perusahaan

Setelah popular dengan produk smartphone dan aplikasi pesannya, Kini BlakBerry berfokus menjadi perusahaan software alias piranti perangkat lunak. Salah satu produk yang diciptakannya adalah software keamanan untuk perusahaan dan sektor industri

Keamanan sangatlah penting pada saat ini karena dilihat dari berbagai bentuk kejahatan cyber yang sering menyerang pengguna internet di seluruh dunia. Sekian maraknya peretasan, pencurian data pribadi, dan ransomware belakangan ini membuat perusahaan harus selalu waspada dalam menjaga sistem keamanannya.

Chief Security Officer Blackberry, Alex Manea mengatakan Fokus BlakBerry terhadap software keamanan untuk perusahaan adalah menyediakan sistem yang praktis tapi mencakup semua hal.

"Selama beberapa tahun, kami beralih dari produksi ponsel menjadi fokus terhadap software dan keamanannya. Jadi, kami mencari bagaimana cara untuk mengamankan banyak komponen di dalam perusahaan, termasuk pelayanan, jaringan, bahkan perangkat-perangkat IoT." jelas Alex, dalam sesi wawancara di Jakarta Convention Center, Rabu (6/12).

BlackBerry menyediakan empat platform software keamanan yang bisa digunakan perusahaan-perusahaan untuk menjaga keamanan datanya dari kejahatan siber. Keempat platform tersebut adalah Unified Endpoint Management (UEM), AtHoc, Cyber Security Consultant, dan Blacberry Workspaces (solusi keamanan untuk kasus umum).

1. BlackBerry Unifide Endpoint Management (UEM)

UEM adalah perangkat lunak yang memberikan fleksibilitas dan keamanan bagi perusahaan karena dapat membantu pengguna untuk mengontrol jenis-jenis perangkat yang berbeda lewat satu pengaturan. Dengan mengimplementasikan UEM untuk sistem keamanan perusahaan, data karyawan bisa terus terhubung dan terlindungi.
"Kami mencari cara bagaimana untuk mengamankan komponen-komponen perangkat yang berbeda dalam perusahaan, termasuk layanan, jaringan dan perangkat-perangkat seperti ponsel, laptop, dan perangkat-perangkat IoT (Internet of Things)", jelas Alex.

2. BlackBerry AtHoc

AtHoc adalah software sistem keamanan untuk komunikasi krisis. Misalnya dalam keadaan darurat seperti bencana alam atau serangan militer. Dengan menggunakan AtHoc, perusahaan bisa menginformasikan secara langsung hal-hal krisis yang terjadi kepada karyawan-karyawannya, dengan cara memberitahu semua orang di manapun dan ke perangkat manapun.
"BlackBerry AtHoc akan membuat website lebih aman dengan memastikan bahwa kami memiliki komunikasi krisis kepada masyarakat yang baik. Jadi, ketika sesuatu hal terjadi seperti bencana alam, AtHoc dapat membantu perusahaan untuk mengkomunikasikannya dengan karywannya," kata Alex.

3. BlackBerry Cybersecurity Consultancy

Cybersecurity Consultancy memang selama bertahun-tahun memiliki keahlian mendalam untuk melakukan riset keamanan yang bisa membantu perusahaan dalam menganalisa risiko peretasan terhadap perusahaan. Software ini akan memberitahu hasil analisis keamanan, memberitahu bagian mana yang membutuhkan keamanan lebih dan bagaimana cara mengamankannya.
"Dengan Cybersecurity Consultancy kita bisa benar-benar memberikan sistem keamanan kita kepada perusahaan dan melihat struktur keamanan dari sudut pandang secara keseluruhan dan memikirkan bagaimana hacker bisa menyerang," kata Alex.

4. BlackBerry Workspaces

Workspaces memfokuskan kepada keamanan data-data dengan cara mengontrol kemanapun data dikirim. Jadi, karyawan bisa merasa aman ketika akan mengakses, membagi, dan mengkolaborasikan data-data perusahaan yang mengandung informasi sensitif. Misalnya, jika karyawan menggunakan Spreadsheet, dokumen pada Windows, presentasi PowerPoint, dan mengirimkannya untuk bisnis dengan perusahaan lain, pemilik data bisa terus mengetahui ke manapun dokumen tersebut pergi, bahkan bila seseorang mencetak dokumen tersebut.
"BlackBerry Workspaces benar-benar bisa menolongmu untuk melindungi file-file tersebut ke manapun mereka pergi dengan cara memastikan jika dokumen sudah diautentikasi. Selalu tahu di mana dokumen itu dan apa yang terjadi dengan dokumen tersebut," jelas Alex.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka:
https://kumparan.com/@kumparantech/4-software-blackberry-untuk-jaga-keamanan-data-perusahaan

Motivasi

"Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir. (Imam Syafi'i)"

"Tantangan adalah hal yang membuat hidup lebih menarik. Mengatasinya itu yang membuat hidup lebih bermakna.(Joshua J. Marine)"

"Tujuanku bukanlah jadi lebih baik dari yang lain. Tapi jadi lebih baik dari diriku yang sebelumnya.(Dr Wayne W. Dyer)"

© HIMTI UMT || 2018 Team Hardwork