HI-Fest
Daftarkan diri Anda !!!
HI-Fest atau biasa disebut dengan HIMTI Festival merupakan rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Selanjutnya ...
Image Destruct
Deden Hi 2018-12-20

Implementasi Internet Of Things IOT di Semua Aspek Kehidupan

Di kehidupan yang modern saat ini, kehadiran Internet of Things (IoT) telah memberikan efek yang baik dalam aspek kehidupan. Salah satunya yaitu pada peralatan elektronik rumah tangga dan penggunaan mobil maupun lainnya.

Secara sederhana, IoT adalah konsep yang pada dasarnya menghubungkan setiap alat dengan tombol on dan off kepada internet atau sebaliknya. Hal ini termasuk segala alat mulai dari telepon genggam, mesin pencabut kopi, mesin cuci, handphone, lampu, dan alat elektronik lainnya. Bahkan sebuah Perusahaan Analis Gartner mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan ada lebih dari 26 juta alat elektronik yang terkoneksi dengan internet.

Rumah pintar masa depan dapat didefinisikan dengan Intelligent building atau disebut juga Building Automation Systems (BAS) yang mampu mengatur sistem pengatur udara, ventilasi, dan penghangat atau Heating, Ventilation and Air Conditioning (HVAC systems). Rumah modern otomatis tersebut dihubungkan dengan Bluetooth, wireless, atau internet sehingga memungkinkan untuk mengontrol berbagai aktivitas domestik seperti mengatur mesin pembuat kopi ketika anda ingin sarapan, sistem pencahayaan ketika selepas Anda bekerja atau beristirahat di malam hari, sistem pengaturan waktu pada jam digital dan keamanan serta alarm kebakaran. Semua hal ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik pada gadget anda.

Perkembangan ini akan membawa kepada bentuk komunikasi baru antara manusia dan benda serta di antara benda dan benda yang mungkin tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Aplikasi rumah pintar ini dilengkapi jenis sensor yang berbeda, notasi matematika, algoritma dan tentunya teknologi robot terapan yang mutakhir dimana para desainer, insinyur, IT programmer bekerja sama dalam menentukan jenis perintah dan kode yang tepat kepada program robot dan juga dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya (friendly user).

Kemajuan Internet of Things (IoT) lainnnya adalah mobil tanpa kemudi (self-driving car) yang dikendalikan melalui Wi-fi dan smartphone. Teknologi mobil pintar saat ini setidaknya memiliki tiga domain utama: keselamatan & keamanan, irit bahan bakar, dan infotainment & telematics.

Fungsi Global Positioning System (GPS) memang diakui sebagai teknologi navigasi untuk kendaraan bermotor, namun kelebihan dari fitur infotainment & telematics pada IoT Car adalah mampu menerima sinyal dari beberapa sistem satelit (Glonass, Galileo, Beidou) untuk mengumpulkan data dari berbagai sensor (akselerasi, kecepatan, sudut roda). Aspek tersebut digunakan untuk meningkatkan waktu dan akurasi terhadap navigasi mobil.

Setiap tahunnya 1,3 juta kematian terjadi disebabkan karena kecelakaan lalu lintas. 90% jumlah kecelakaan ini disebabkan oleh human error, yang seringkali disebabkan oleh stress, kelelahan, kesalahan mengemudi. Mobil pintar ini akan mengambil alih hal ini dengan mengontrol dan mengoneksikan aplikasi dan sensor yang memberi peringatan responsive terhadap perubahan kondisi jalan raya.

Dengan adanya fitur keselamatan & keamanan pada IoT Car yang dilengkapi dengan sensor pintar dapat membantu mendeteksi lingkungan disekitar mobil. Terlebih lagi pada kestabilan pengendalian, sistem rem anti-lock, kantung udara, penglihatan malam, sistem kamera dan sensor yang dikembangkan akan membuat pendekatan terintegrasi kepada tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Kemampuan menguasai teknologi IoT kini menjadi semakin urgent, melihat perkembangan kombinasi teknologi dan aktivitas manusia kedepan akan semakin intens. Serupa dengan ilmu sains lainnya, teknologi IoT ini juga terdiri dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari Research and Development (RnD), desain keterkinian, hardware, jaringan, aplikasi dan software. Kemampuan pemrograman komputer yang dikombinasikan dengan sensor, mikrokontroler, dan mendesain sistem operasi sangat berperan penting ketika teknologi tersebut berhasil diciptakan dan digunakan dengan mudah oleh pengguna. Aspek pengolahan data (big data) juga sangat dibutuhkan untuk mengadaptasikan seluruh komponen yang terkait, contohnya data rute perjalananan, jumlah kendaraan, panjang dan volume jalan raya dalam mengatasi kemacetan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka:
https://warstek.com/2018/05/26/iot/

Motivasi

"Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir. (Imam Syafi'i)"

"Tantangan adalah hal yang membuat hidup lebih menarik. Mengatasinya itu yang membuat hidup lebih bermakna.(Joshua J. Marine)"

"Tujuanku bukanlah jadi lebih baik dari yang lain. Tapi jadi lebih baik dari diriku yang sebelumnya.(Dr Wayne W. Dyer)"

© HIMTI UMT || 2018 Team Hardwork