Image Destruct
DedenHi 2019-01-06

Tibalah Saatnya Memasuki Era Revolusi 4.0

Apa itu Revolusi Industri 4.0 ? Revolusi industri ke empat ini adalah revolusi yang ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetic dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak, begitulah yang disampaikan oleh Klaus Schwab, Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution.

Hal yang terjadi pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia sebagaimana revolusi generasi pertama yang melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin. Salah satunya yaitu dengan munculnya mesin uap pada abad ke-18 dan revolusi ini dicatat oleh sejarah berhasil mengerek naik perekonomian secara dramatis dimana selama dua abad setelah Revolusi Industri terjadi peningkatan rata-rata pendapatan perkapita Negara-negara di dunia menjadi enak kali lipat.

Lalu berikutnya adalah revolusi industri generasi kedua ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga dan motor pembakar dalam (combustion chamber). Pada revolusi industri kedua, penemuan ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dll yang mengubah wajah dunia secara begitu signifikan. Kemudian, revolusi industri generasi ketiga ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet.

Selanjutnya, pada revolusi industri generasi keempat ini telah menemukan pola baru ketika disruptif teknologi (disruptive technology) hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan incumbent dan kini era revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Revolusi ini sangat penting bagi sektor industri manapun, termasuk e-commerce. Tanpa kita sadari E-commerce kini mampu membawa banyak pengaruh dalam perubahan industri sekarang ini dan juga sudah siap masuk revolusi industri 4.0. Revolusi industri ini begitu penting untuk kemajuan ekonomi digital. Revolusi industri 4.0 ini disambut baik oleh bidang E-commerce dan bahkan revolusi ini membuka peluang untuk industri ini bisa melangkah lebih baik.

Kehadiran e-commerce di Indonesia masih sangat dibutuhkan, karena e-commerce menjadi harapan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang ingin menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Salah satu cara yaitu dengan membuat startup yang menunjang revolusi keempat ini. Karena di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, industri aplikasi dapat dikembangkan dan merupakan bisnis yang menjanjikan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka:
https://www.hitsss.com/revolusi-industri-4-0-dan-peluang-pertumbuhan-e-commerce-di-indonesia/

Motivasi

"Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir. (Imam Syafi'i)"

"Tantangan adalah hal yang membuat hidup lebih menarik. Mengatasinya itu yang membuat hidup lebih bermakna.(Joshua J. Marine)"

"Tujuanku bukanlah jadi lebih baik dari yang lain. Tapi jadi lebih baik dari diriku yang sebelumnya.(Dr Wayne W. Dyer)"

© HIMTI UMT || 2018 Team Hardwork